Tips Mengolah Steak ala Prabu Revolusi

Kamis, 12 Maret 2015 - 16:16 WIB
Tips Mengolah Steak ala Prabu Revolusi
Tips Mengolah Steak ala Prabu Revolusi
A A A
JAKARTA - Dalam memasak diperlukan ketelitian, kesabaran, serta teknik tertentu agar makanan yang disajikan tidak hanya indah dilihat, tapi juga sedap dilidah. Terlebih jika ingin memasak steak.

Sajian berbahan dasar daging ini tak bisa sembarangan diolah. Butuh pengetahuan dan teknik khusus dalam memasak agar daging steak empuk, bumbunya meresap, dan matang dengan sempurna.

Seorang news anchor yang juga seorang pebisnis steak, Prabu Revolusi, memiliki beberapa tips bagi Anda untuk membuat steak yang pas di lidah.

“Dalam memasak steak, untuk tahu kematangannya, bisa diukur dari telapak tangan. Kalau dari segi waktu agak sulit kecuali kalau dagingnya tebalnya sama. Tapi kalau di range waktunya, untuk kematangan medium rare 3 menit, medium itu 5-6 menit, medium well 8 menit, dan well done kira-kira 12 menit,” ujar dia, kepada Sindonews belum lama ini.

Untuk tips memasaknya, pertama-tama cuci bersih daging, kemudian potong-potong sesuai ukuran yang diinginkan, kemudian rendam di perasan jeruk lemon dan potongan nanas selama kurang lebih satu hingga dua jam. Dengan begitu daging akan menjadi empuk ketika dimasak.

Setelah direndam, marinasi daging dengan garam dan black pepper. Kemudian panaskan minyak diatas wajan dengan api yang tidak terlalu besar, masukkan daging, diamkan hingga setengah matang, taburkan rosemary di setiap sisinya dan tambahkan butter agar daging mengeluarkan aroma yang harum. Kemudian pindahkan ke alat memanggang.

Dalam memanggang steak, Prabu juga memiliki kiat khusus untuk menghilangkan bau daging dan membuat rasanya semakin nikmat, yakni dengan menambahkan bawang merah dan bawang putih. Caranya, geprek bawang merah dan bawang putih, kemudian letakkan di atas daging selagi daging sedang dipanggang. Lakukan sampai daging selesai dibolak-balik dan matang.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0780 seconds (0.1#10.140)